Monday, May 28, 2012

fast and furious - parung drift

selamat minggu tenang bagi yang merayakan!
kembali lagi bersama saya, dan peristiwa yang saya alami dalam kehidupan yang fana ini.

"parung parurung parurung langsung jalan!"

itulah kata-kata yang selama ini saya dengar dari para kenek pusaka yang menawarkan jasa angkutannya. biasanya saya langsung naik dan duduk, menunggu sang kenek kembali berkata, "tamansari!"
sebenarnya, saya sendiri belum pernah ke parung.

di suatu hari senin yang cerah, saya sengaja pulang lebih awal. ketemu mama di RS ATS, terus pulang bareng naik angkot. daerah sekitar ATS memang belum terlalu kami kenal, jadi cuma naik angkot apapun yang lewat dan bisa mengantarkan kami, minimal sampe ketemu angkot 16 arah tamansari. dan itulah yang kami lakukan.

naik, saya mulai memperhatikan keadaan di dalem angkot. dua orang ibu-ibu, tiga anak kecil. stiker bertuliskan 06 di bemper depan. daftar perubaan harga mulai 24 maret 2012. pak supir yang sedang bekerja mengendarai kuda supaya baik jalannya bertopi kuning, rambut kribo, kemeja biru. semua normal.

turun angkot, kami nyebrang ke arah berlawanan. pas udah mau naik angkot 16, mama saya menyadari sesuatu. "kacamata mama nggak ada!"

"jatoh pas nyebrang mungkin, ma?"
"yuk balik bentar"

ternyata setelah ditelusuri, emang ngga ada. sempet ngobrol sama ibu penjaga warung rokok di pinggir jalan, beliau memberi nasehat yang sangat bijak, "iya bu, emang susah kalo ketinggalan benda-benda begitu di angkot, mau dikejar juga kita ga tau orang yang naik kayak gimana aja. kalo rejeki kita, insya Allah nanti balik lagi"

tapi jujur, hati saya berkata lain (ehem). kalo sekarang dikejar, mungkin masih sempet! tadinya sih mau saya kejar pake ojek ga jauh dari situ, tapi mama memberikan alternatif lain yang lebih aman, naik angkot. ibu penjaga warung tadi juga bilang, "bahaya naik ojek ke arah parung mah, lawannya truk-truk gede"

akhirnya, kami naik angkot. dan petualangan-ngejar-angkot-ke-arah-parung dimulai!!

supir angkotnya baik, beliau bantu nyariin angkot sesuai ciri-ciri yang kami sebutkan. cuma.......lama jalannyaaaa :') ya iyalah, beliau kan juga nyari penumpang..tapi kalo gini mah ga nyampe-nyampe atuh..

mama liat angkot di depan, saya liat angkot yang dari arah berlawanan. 15 menitan berlalu, angkot melaju makin jauh, makin ke arah parung. makin ke dunia yang tak saya kenal *plak
dimana ini??

terus, teruuss, kanan kiri mulai banyak truk gede. jalan belok-belok, entah sampe dareah mana. tiba-tiba.....
"ITU!!"
ketemuuu! angkot itu ada di arah berlawanan!

cepet-cepet turun, oper angkot. tetep aja.....lama. jika dihitung menggunakan rumus fisika keliatannya sih ga keburu kalo kecepatan angkot ini konstan.

"mama, kita harus menggunakan plan B." saya nengok ke arah mama dengan wajah serius. berasa di film action, pas jagoannya terdesak dan berkata lemah ke teman seperjuangannya.
"apa dek?" mama, udah keliatan capek dan agak putus asa tapi masih semangat. ga tega.
"plan awal adek, ma"
"dek...?" mama melihat seolah tidak percaya (dramatis, emang)
"ojeek!" *melambaikan tangan, membentuk huruf 'V' ke arah para abang yang lagi nunggu penumpang. kesannya kayak minta damai, tapi itu isyarat buat mesen 2 ojek.

akhirnya salah satu abang menghampiri. pas mama mau naik, saya nawarin naik duluan. biar cepet, mama di belakang aja, udah keliatan capek banget. saatnya semangat anak muda mengambil alih.
"bang, saya mau ngejar angkot, kayaknya kacamata mama saya ketinggalan!" *naik ojek dengan semena-mena*

untung sekali, abang ojeknya baik dan bisa diajak berkomplot! bagi para pembaca, jangan pernah menirukan adegan di bawah ini. sekali lagi, jangan.

naik ojek duduk nyamping, tanpa helm, nyalip belasan truk dan berkali-kali ngerem mendadak begitu motor udah hampir nyium kendaraan lain. tapi semuanya asik!!

di ojek, rambut udah berkibar sok dramatis, mata melototin tiap angkot yang berhasil kesalip. saya dan abang ojek selalu mengadakan pembicaraan rutin berkala (ciyeee), yaitu:
*lewat satu angkot* "yang ini neng?"
"bukan!"
*lewat lagi* "yang ini??"
"bukaan!"

begitu terus, sampai kita berhasil nyalip satu angkot. "yang ini baaang!!" *tangan melambai ke arah angkot, tanda berhenti*

ckiiiit! berhentilah kami. diem sebentar.
*mendekati angkot tsb, napas tersengal-sengal*
"hahh..bang....tadi saya...hah...sama mama naik angkot ini, hahh... kayaknya kacamatanyahh...ketinggalan"
di angkot ada 3 penumpang, murid salah satu SMA di parung yang baru pulang sekolah. mereka bertiga terdiam. termasuk supirnya. mungkin kaget juga, lagi asik-asik naik angkot (ngapain juga di angkot asik-asikan?) eeh ada makhluk muncul turun dari ojek, langsung nongol di pintu nyariin kacamata. nightmare, memang.......

tiba-tiba secercah cahaya menyinari sang supir angkot. dia bergerak secara slow motion dan tangannya meraih sesuatu di sebelahnya.
"yang ini, bukan?" tangannya menyerahkan seonggok kacamata. kacamata mama saya.

buhiiiiii!!! pengennya sih lompat dan memeluk si abang angkot saking senengnya, tapi ya ga mungkin lah.
 WEEE AREE THE CHAMPIOOON!

ga lama kemudian, mama saya nyusul, ternyata mama naik angkot karena ada sedikit masalah di jalan. tapi begitu ketemu sama kacamatanya, rasanya semua capek tadi hilang.
mama memeluk saya dan bilang, "alhamdulillah, terima kasih sayang"

worth it :)

No comments:

Post a Comment