Wednesday, July 18, 2012

anak kecil!

m a s a  k e c i l .

masa = waktu, saat
kecil = tidak besar
yak, 100 buat nilai B.Indonesia sayaaa *nangis*
jadi masa kecil itu apa? kalo menurut saya sih, masa kecil itu saat di mana kita belum sebesar sekarang. salah ya? ngga ah, suka suka gue dong #nyolot

jadiii semua orang pasti pernah mengalami masa kecil, masa-masa dimana semua kelakuan dan tindakan kita masih belum didasari kesadaran sepenuhnya. bahkan ada sebuah riset yang membuktikan bahwa seorang manusia masih belum bisa mengingat secara penuh suatu kejadian hingga ia berusia 12 tahun. balik lagi ke masa kecil, pasti kalian punya cerita pribadi yang unik-unik deh... entah yang kalian inget, atau yang diceritakan secara turun temurun (biasanya terungkap saat arisan keluarga atau kumpul ibu-ibu) bahwa kalian tuh dulu begini, dulu begitu. cung yang ceritanya aneh-aneh! *ngacung sendiri*

salah satu cerita aneh saya adalah saat mengikuti lomba mewarnai di masjid.
jujur sejujur jujurnya umat, saya ini paling ngga suka dan ngga bisa nyambung sama yang namanya MEWARNAI. titik. dari mulai keluar garis sampai gradasi yang maksa, saya ga pernah mendapat award nilai bagus di bidang yang satu itu.
pernah suatu hari di TK kita disuruh bikin gambar dan diwarnai, saat itu saya gambar kapal laut yang di bawahnya banyak ikan. ikannya agak mirip pempek tapi agak lumayan berbentuk lah. kemudian tibalah saatnya mewarnai. yak, saya mengeluarkan segenap skill saya yang dicurahkan melalui sebuah crayon berwarna biru. hiaah!
sayup-sayup terdengar suara Bu Sri, guru TK-ku tercinta.
"lintang, cukup, stoop! udah ya, nak...."
dan baru sadar setelah SD, kalo ternyata dulu itu saya mewarnai kayak orang kesetanan. crayon dipegang dua tangan, dan bikin pola benang kusut di buku gambar. bukannya mewarnai penuh ketulusan hati anak TK dan bikin gambar laut yang indah, jadinya malah semua buku gambar kecoret benang kusut warna biru. nelayannya juga biru.

naah balik lagi ke lomba mewarnai, waktu itu entah dalam rangka apa Masjid Baiturrahman mengadakan lomba mewarnai khusus anak TK. dan sekali lagi entah kenapa, saya terdaftar sebagai salah satu peserta di sana. bumi gonjang-ganjing.
crayon dijejer. kertas dibagikan. peserta berhamburan. lomba mewarnai tingkat TK dimulai!
seperti biasa, saya bengong dulu. entah mau bikin mahakarya kerusuhan apa di atas hvs bergambar nelayan di atas perahunya ini. hmm, dejavu?
kemudian saya mendapat pencerahan. yak, mungkin inilah ilham yang diberikan kepada saya. ini masjid. masjid adalah rumah Allah. Nabi Muhammad adalah rasul kita. Nabi Muhammad suka warna hijau. hihihihi.....
dan itulah keputusan yang saya buat, gambar ini harus diwarnai warna hijau! semuanya!!!
dan kembali mewarnai kayak orang kesetanan. untung pak ustadz ngga liat......

tiba saat pengumuman. rasa deg-degan sama sekali ngga ada, soalnya emang ngga ada harapan kayaknya *miris*
juara ketiganya diraih entah-itu-siapa, anak mana, ngga tau. dia seneng kayaknya.
"juara kedua, Lintang Suminar!"
what?
ajegileeee saya juara keduaaa? ke DUA???
rupanya jiwa seni mereka sealiran sama saya.
saat pembagian hadiah, semua juara menerima piagam dan hadiah, sambil memperlihatkan karyanya masing-masing. tibalah giliran saya.
"ini, selamat ya.." *ngasih piagam*
"makasih pak" *cium tangan*
"pak, itu yang buat juara satu!"
"oh...."

mungkin karena hvs saya warnanya hijau semua, panitianya iseng nanya.
"dek, kok ini warnanya begini?"
"Nabi Muhammad suka warna hijau"
dan mereka berpelukan terharu.

dan itulah akhir cerita aneh di masa kecil saya ini, pulang membawa beragam hadiah (yang isinya snack anak kecil) dan piagam bertuliskan Juara 2 Lomba Mewarnai, jalan kaki sampai rumah sambil diarak temen-temen TK.

hidup masa kecil!

No comments:

Post a Comment