Saturday, August 3, 2013

"Apa cita-cita kamu?" (2)

buat semua adik-adik (cieee tua gueee) yang masih diberikan kesempatan mulia untuk mengalami Ujian Nasional, dinikmatin aja ya. belum tentu generasi mendatang bisa ngerasain dag-dig-dugnya masa-masa menjelang UN :)

deket-deket UN, hati mulai sering galau. rasanya kayak digantungin (kan kayak). di satu sisi rasanya udah capek dan udah cukup belajar, tapi di sisi lain rasanya masih kopong banget. dan masih suka ngga bisa ngerjain beberapa soal-soal latihan. udah kebiasa di pelajaran kelas 12, dan sekarang disuruh ngerjain lagi pelajaran yang dulu-dulu. kayaknya baru kemaren disuruh belajar vektor, eh sekarang balik lagi ke statistika. ya pikun. padahal UN itu soalnya kayak main slender man, jalanin dulu tapi kita ngga tau apa yang bakal kita temuin. soal dewa macam apa yang bakal dikasih si pembuat soal yang sekarang sedang tersenyum bangga melihat ratapan anak-anak yang lumayan hopeless sama hasil UNnya (termasuk sayaa!). nanti taunya susah aja, dan kita cuma bisa guling-guling di atas LJK yang masih kosong. jangan yaa...naudzubillahmindzalik!

orang bilang TO (Try Out) yang suka dikasih pra-UN itu lebih susah dan UNnya sendiri dibuat lebih mudah sehingga banyak yang dapat melampaui batas kelulusan. faktanya? SUSAH BEROH-oke, ngga sampe pengen guling-guling di LJK-tapi cukup lebih menantang dibanding soal TO biasanya.

beres UN, lupakan saja itu. udah tinggal bisa berdoa... dan yang paling penting, berdoa lulus SNMPTN undangan!

28 mei, hari yang ditunggu-tunggu kebanyakan anak. karena hampir semua menggantungkan cita-citanya, pilihan pertamanya di sana. tapi jujur, saya kurang antusias. karena memang bukan itu yang sebenarnya saya inginkan. tapi deg-degan pasti ada.
sebelum itu, saya juga sudah ikut tes FK UGM program internasional, yang mengharuskan saya untuk mengikuti tes langsung di sana. dan pengumumannya barengan sama pengumuman undangan.......

menjelang jam 5, saya mulai cek hp. cek bbm. cek twitter. cek fb. mulai banyak teman-teman yang berkata, "alhamdulillah..."
hati saya makin ngga tenang, uwoo!!

akhirnya saya memberanikan diri buka web SNMPTN. masukin nomer peserta. ngga berapa lama, keluar hasilnya.

Maaf, Anda tidak lolos SNMPTN undangan.

ah.. penolakan. tapi saya mulai berpikir kalau memang Allah tidak memberikannya kepada saya, karena bukan itu yang saya inginkan. Allah memberikannya kepada mereka, yang benar-benar menginginkannya. saya memberi tahu mbak lala dan mama, yang langsung mengabarkan ke papa lewat bbm (karena waktu itu papa masih kerja).

jam 6, waktu yang dijanjikan pihak UGM untuk mempublish hasil tesnya. sekarang, saya benar-benar tegang dan berharap di sini saya diterima. bolak balik saya refresh webnya, belum muncul juga. mungkin saya disuruh solat dulu. oke, saya solat. masih dengan perasaan ngga tenang. saya juga berdoa lebih lama dari biasanya. supaya bisa mengucap "alhamdulillah" sepeti yang lain.

akhirnya, hasil tesnya muncul di web. saya memasukkan nomer peserta lagi. menunggu, rasanya lamaaaaaa sekali. kemudian terbuka.

Sorry, you're not accepted.

lengkap sudah. ngga bisa ditahan lagi, langsung naik ke kamar dan butuh waktu sendiri.

'masa penyembuhan' itu ngga sebentar. bukan satu atau dua hari, bukan satu minggu. rasa sakitnya bakal terus ada, bakal terus diingat, sampai hari ini.

setelah pengumuman itu, saya belum bisa mengucapkan 'selamat' secara langsung kepada mereka yang sudah mendapat tempat. sedih? ya. pengecut? mungkin. saya harap kalian tidak merasakannya yaa :)

tapi banyak pihak yang sudah menyemangati. walaupun klise, walaupun siapapun dan bagaimanapun mereka menyemangati kita, rasanya ngga ada yang benar-benar masuk ke dalam hati dan membuat 'semangat' itu kembali ada. at least you have them.
dengan bekal 'kerasionalan' yang saya bawa, saya mulai masuk ke bimbel lagi dan belajar lebih keras supaya tembus di jalur berikutnya, SBMPTN. kelas intensif pun rasanya ngga sama lagi. karena mereka yang sudah lolos di undangan ngga diwajibkan untuk ikut bimbel lagi. yang artinya, bisa menikmati libur panjangnya.

ngga berapa lama, keluar lagi hasil pengumuman kelas paralel ui dan kki. dan bimbel pun menjadi lebih sepi lagi.......
modal nekat, dan mulai meninggalkan si 'kerasionalan', saya babat habis tiga pilihan di jalur tulis: FK UGM, FK UNBRAW, FK UNDIP. nekat? yes. gila? absolutely.
dan sempet merasa bodoh juga karena salah beli formulir, yang saya kira harus beli TIGA, masing-masing untuk satu pilihan, dan ternyata cukup beli SATU, untuk TIGA pilihan. *udah nyoba jual ke temen tapi ternyata udah pada beli*

dan untuk tesnya saya pilih rayon jateng, yang artinyaaa saya harusss ke UGM langsung, buat tes SBMPTN. okelah.

TERNYATA SOALNYA MASYA ALLAH SUSAHNYA.
ngga manusiawi banget. dan saya tanya teman-teman, rata-rata pada bilang gitu juga. oke gapapa, tinggal berdoa passing gradenya turun dari 56 jadi 20 gitu #ngaco

pengumuman SBMPTN itu tanggal 18 juli. dan lagi-lagi perasaan pesimis itu muncul lagi. mungkin efek dari penolakan pertama dulu, sekarang setiap menghadapi pengumuman rasanya badan kayak disiram air dingin (berhubung sekarang lagi puasa, kayaknya saya bakal seneng-seneng aja kalo disiram sih, tapi waktu itu beda). dan hasilnya,

Maaf, Anda tidak lolos SBMPTN.

oke, ini penolakan kedua... harusnya saya sudah jadi lebih kuat. dan memang, ngga se-menakutkan pengumuman pertama dulu.
akhirnya, saya memutuskan buat menutup sementara segala komunikasi lewat sosial media. twitter, facebook, dll. saya cuma buka bbm dan sms. saya berjanji ngga akan buka itu dulu, ngga akan fudul dulu, sampai saya nanti diterima di suatu tempat. semacam sumpah palapa versi Lintang :p

mungkin efeknya langsung kerasa. saya jadi lebih fokus, lebih bisa memanage waktu belajar, sekaligus istirahatnya. yang biasanya setiap 10 menit buka twitter, sekarang setiap 10 menit peregangan habis belajar. and here we come, Ujian Mandiri, UMBPTN, and Intake 2 IUP FK UGM :)

No comments:

Post a Comment