Tuesday, August 6, 2013

BUKU BIMBINGAN KONSELING KELAS X

aloha fellas! gimana H-1 lebaran? *kalo jadi*

banyak yang bilang selama puasa harus melakukan kegiatan produktif kan tuh. sebenernya udah dari kemarin papa nyuruh buat beberes buku-buku SMA dan nyicil packing buku kuliah, tapi karena pada dasarnya saya lebih menyenangi kegiatan lain selain beberes rumah malas, jadinya tugas mulia itu baru sempat dilaksanakan di hari rabu ini.....yaitu H-1 lebaran *kalo jadi*

para kardus diturunkan dari singgasananya di gudang. brek. engga sih. BRUAK! gitu.
dari beberapa box tercium bau tidak enak.. agak gimana gitu. hal itu dapat dikarenakan oleh penempatan kardus dalam ruang yang tertutup dan terlalu lembab sehingga tumbuh berbagai mikroorganisme yang dapat berkembang dengan sangat cepat, yang berdampak pada rusaknya bagian kardus tersebut. singkatnya, lumutan. jamuran.
untungnya, tidak ada organisme yang mempunyai mobilitas tinggi seperti tikus, kecoa, tarantula, ular derik, alligator, ataupun triceratops.

sempet ada sih laba-laba tapi unyil, cuma segede kuku jari kelingking.

salah satu kebiasaan yang udah mendarah daging itu adalah : keasyikan liat-liatin benda 'peninggalan' dari masa lalu sampe lupa beberesnya sehingga para benda itu terbiarkan tergeletak tak berdaya di lantai.

dan memang, buanyak kali peninggalan ini. buku GO waktu kelas X *peluk*, buku paket sejarah kelas X yang masih saaangat bagus *peluk*, sampe kertas-kertas hasil ulangan (ngga usah dibahas).
tapi ada yang menarik perhatian saya. apa itu? BUKU BK KELAS SEPULUH!! *taraaah!*

di antara semua pelajaran, saya lumayan suka Bimbingan Konseling. itu salah satu pelajaran yang membolehkan saya (atau membolehkan karena tidak melihat) untuk mendengarkan ibu guru sambil nyorat-nyoret meja. atau buku. atau tembok. atau teman.
intinya, pelajaran ini enak dan lumayan santai.

pelajarannya juga cukup lucu, karena di kelas X ini kita masih diberi pembelajaran tentang diri kita sendiri, misalnya, kebiasaan yang sering kita lakukan sehari-hari. beda sama BK kelas XII, yang konsennya udah mulai tentang kiat-kiat masuk perguruan tinggi.

kebetulan buku BK saya kondisinya masih bagus, cuma agak robek sedikit di bagian sampulnya. dengan penuh haru dan sedikit menitikkan air mata (yang agak keminum. ngga, bercanda), saya buka si buku BK itu.

reaksi pertama saya adalah: "ya ampun, siapa pun makhluk yang ngisi buku ini, semoga sekarang dia diberi pencerahan."

di awal-awal buku itu sudah terpampang jelas berbagai komentar yang ditulis tangan oleh ibu BK, seperti "kebiasaan belajar anda perlu banyak perbaikan", atau "istirahatnya agak dikurangi ya say.." sungguh menyentuh.

di lembar berikutnya, saya diminta menulis angket seperti berikut:

                                                          ANGKET

1. Mata pelajaran yang paling disenangi adalah: Biologi
Alasan:    Karena saya sangat senang mempelajari tentang kehidupan (cie..), terutama anatomi organisme.

2. Mata pelajaran yang disenangi adalah: Fisika (TOLONG SAYA KERASUKAN APA WAKTU KELAS SEPULUH??), B.Inggris, dan Kimia
Alasan:    Karena saya senang mempelajari tentang rumus dan pengaplikasiannya dalam kehidupan (saya mulai yakin ini bukan saya yang nulis), bahasa yang lain selain Bahasa Indonesia (bahasa kalbu cie cie), yaitu B.Inggris sebagai bahasa internasional, dan kimia dalam percobaan-percobaannya.

3. Mata pelajaran yang kurang/tidak disenangi adalah: Sejarah, Geografi, PKN, PLH
Alasan: Karena banyak hapalan, contoh, tahun sekian, sejarah sesuatu, tokoh-tokoh (kalo tokoh buku saya suka.. #plak), dll, hukum, maupun lingkungan hidup (mungkin maksud saya dulu itu penampakan bumi macam batuan dll).

4. Kegiatan yang disenangi dan sering dilakukan adalah: menggambar & membaca & bermain (so true)
Alasan:    Saya suka baca apapun (mencurigakan..), terutama komik, novel, dll. Karena saya suka baca komik, saya jadi suka mnggambar. Saya suka bermain.

5. Kegiatan yang disenangi tapi belum pernah dilakukan adalah: Bungee jumping, rafting, snorkeling (sekarang udah, yey!), diving, panjat tebing, naik haji, keliling dunia, dll.
Alasan: Seru!

6. Kegiatan yang kurang/tidak disenangi tapi sering dilakukan adalah: Mengerjakan PR, menghapal teori terutama IPS. (hehe..)
Alasan:    Membosankan.

yak, itulah isi angket kelas X saya. mungkin ada benarnya juga, anak kecil itu lebih jujur dalam mengungkapkan perasaannya... kalo sekarang suruh isi angket begituan, pasti jawabannya udah beda. ya ngga? :)

di lembar selanjutnya, kita disuruh menyebutkan 5 sifat positif dan negatif yang kita miliki.

                      SIFAT POSITIF DAN NEGATIF YANG SAYA MILIKI.

 
SIFAT POSITIF:    Bersemangat. Ceria. Humoris. Pemaaf. Setia Kawan. (oke...ini tulisan anak kelas X, mohon dimaafkan kalo sekarang ada perubahan :p)

SIFAT NEGATIF:    Egois. Mudah marah/ngambek. Moody. Mudah cemas. Kurang percaya diri. (oke...kalo yang ini kayaknya masih melekat dalam diri saya..)

terus kita disuruh minta komentar beberapa teman mengenai sifat-sifat yang udah kita sebutin tadi. ini komennya:

SEKAR HANUN ULWANI
SIFAT POSITIF: Bener banget! :D
SIFAT NEGATIF: Lintang itu sebenernya tidak egois tetapi kadang kelewat heboh sendiri hehe kalau udah badmood kadang bisa ditutupi tapi kalau tidak bisa, keliatan banget kalo lagi ga mood. Lintang PD-nya naikin lagi yaa :D

*KOMENTAR PENULIS: iya anyuun :*

HAFIZH ALI H.M.
SIFAT POSITIF: Sama kayak Hanun, dia emang seperti itu. Dia juga baik lho. (iyadong fufufufu)
SIFAT NEGATIF: Lintang itu gampang banget panik, kalo udah panik jadi heboh gitu deh... Ilangin sifat (-)nya, ya...!!

*KOMENTAR PENULIS: iya oke hehe :D

DHIA RAHMI PUTRI
SIFAT POSITIF: Cerianya bener banget :D
SIFAT NEGATIF: Mudah marah ngga kok kayaknya.

*KOMENTAR PENULIS: amin!

EKA NUGRAHA
SIFAT POSITIF: Ilangin sifat (-)nya ya Lintang :)
SIFAT NEGATIF: Tambahin sifat (+)nya :)

*KOMENTAR PENULIS: amin!

BAYU SANDY
SIFAT POSITIF dan SIFAT NEGATIF: Satu kata, ilangin cadelnya tuh!

*KOMENTAR PENULIS: itu bukan kekurangan! itu tiga kata!

ANTI PRASASTI
SIFAT POSITIF dan SIFAT NEGATIF: (+) dan (-)nya setuju! kurangin (-)nya ya! kamu bisa! setau saya kamu memiliki banyak sifat (+) lebih dari yang dituliskan di atas! gali potensi lagi ya!

*KOMENTAR PENULIS: Anti, the next Mario Teguh.

dan komentar dari Bu BK, "(+)setia kawan, tapi kog (-)nya egois? gimana c..."

lembar selanjutnya, ada tes kecil gitu. namanya:

                                 TWO MINUTES TEST

1. Jika dokter memberikan 3 butir pil dan menginstruksikannya untuk meminumnya setiap setengah jam, berapa lama pil tersebut akan habis?
JAWAB: selama yang diperlukan
HASIL: salah
JAWABAN BENAR: 1 jam

2. Bagilah 30 dengan 1/2 dan tambahkan 10!
JAWAB: 25 (harusnya di kolom 'pelajaran kurang disukai', saya tambah matematika. huhu)
HASIL: salah
JAWABAN BENAR: 70

3. Bila anda memiliki 1 buah korek api dan menghampiri ruang gelap, dan anda tidak memiliki minyak tanah, obor, dan kayu bakar, apa yang anda nyalakan?
JAWAB: lampu
HASIL: salah
JAWABAN BENAR: korek api (WTF)

4. Ambillah 2 apel dari 3 apel, berapa apel yang anda miliki?
JAWAB: 3
HASIL: salah
JAWABAN BENAR: 2 (SAYA MASIH BERPIKIR BAHWA KETIGANYA APEL SAYAAAA *rakus*)

5. Berapa bulan memiliki 30 hari? berapa 31 hari? dan 28?
JAWAB: 7, 4, 1
HASIL: salah
JAWABAN BENAR: semuanya (masih agak ga ngerti, kan ga semuanya punya 31)

6. Berapa jenis binatang yang dibawa Nabi Musa AS dalam perahunya?
JAWAB: 2. jantan dan betina
HASIL: salah
JAWABAN BENAR: itu Nabi Nuh AS (........)

7. Anda tidur pukul 20.00 malam hari dan memasang alarm pada weker untuk berbunyi pada jam 09.00 pagi keesokan harinya, berapa jam anda tidur?
JAWAB: 13 jam
HASIL: salah
JAWABAN BENAR: 1 jam (.........)

jadi intinya salah semua gitu. oke fine. lanjuuut

       PENGALAMAN PRIBADI YANG KURANG MENYENANGKAN

1. KEJADIAN 1
    Pada saat saya masih kelas 3 SD, saya belajar naik sepeda di sekitar rumah. Kebetulan saya masih belum bisa mengendalikan sepeda saya. lalu ada anak kecil berlari mengejar saya, tidak tahu kenapa, dan saya panik lalu sepeda oleng dan anak itu tertabrak oleh sepeda saya. Anak itu nangis dan ibunya menasihati anak itu supaya tidak mengejar sepeda yang sedang berjalan. Saya nangis dan lari ke rumah.
PERASAAN: panik, kaget, marah, bingung, takut
CARA MENGATASI: menenangkan diri dan minta maaf
KEUNTUNGAN: lebih waspada dan dapat menemukan hobi baru selain naik sepeda

2. KEJADIAN 2
    Pada saat kelas 6 SD, saya belajar naik motor. Saat pulang les saya yang mengemudikan motor sementara om saya yang saya bonceng. Tak lama, ada motor melaju kencang dikendarai oleh 2 orang yang sedang berpacaran sehingga tidak memperhatikan jalan. Saya mau mengerem tapi salah malah menginjak gas, lalu tabrakan dan menghantam tembok rumah orang.
PERASAAN: panik, kaget, takut, sakit, kesal
CARA MENGATASI: minta maaf dan membicarakan masalah dengan yang bersangkutan
KEUNTUNGAN: lebih waspada dan tenang, tidak ngebut, dan menemukan hobi baru selain naik motor

3. KEJADIAN 3
    Pada saat kecil, saya main Kotak Pos. Kebetulan saya yang jaga. Saat menutup mata, teman saya berpindah tempat dan saya jatuh di atas pohon kaktus. Berdarah.
PERASAAN: sakit
CARA MENGATASI: buka mata, berobat di rumah
KEUNTUNGAN: menemukan permainan lain


itulah beberapa isi buku BK kelas X saya. saya harap kalau kalian menemukan buku BK masa lalu kalian, isinya lebih normal dari punya saya.
sekian.

No comments:

Post a Comment